Aturan Penggunaan Paket Sewa Genset yang Wajib Diketahui

Februari 19, 2018

Suka Baca - Kalau membeli genset mahal, maka solusi untuk mendapatkan pasokan listrik adalah dengan menyewa genset. Apalagi tempat umum sering dikunjungi banyak orang, sehingga akan membutuhkan banyak daya listrik. Untuk harga sewa genset ini dirasa lebih murah daripada harus membeli genset.

Menyewa genset pun tidak ada ruginya, karena untuk kepentingan tambahan pasokan daya listrik. Dengan memiliki daya listrik yang cukup, kegiatan kita akan lebih lancar. Untuk menyewa genset, kita bisa pergi ke tempat persewaan khusus genset. Ada banyak model genset yang bisa kita sewa disana. Harga sewanya pun bervariasi. Biasanya akan ada dalam list paket sewa, mulai dari paket sewa harian, mingguan, atau bulanan. Tergantung pada kebutuhan kita.

Ketentuan dalam sewa genset
Berikut adalah beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam menyewa genset. Ada ketentuannya yang harus kita pahami, yaitu: 

Pelayanan persewaan genset bisa dilakukan sampai ke luar kota. Ada armada yang akan mengantarkannya, namun biaya pengantaran sudah ditanggung penyewa. 

Pengiriman genset yang disewa walaupun masih di dalam kota tetap berbayar. Jumlah ongkirnya disesuaikan dengan jaraknya. 

Persewaan genset sudah lengkap dengan operatornya. Jadi, akan diutus satu atau dua orang operator yang disewa sekalian, tergantung dari ukuran genset atau jumlah genset yang disewa. Para operator akan melaksanakan tugasnya dalam mengoperasikan genset, sehingga pihak penyewa tidak akan kebingungan lagi dalam menggunakan genset yang disewa. Jika salah menggunakan pun akan berakibat fatal, yakni kerusakan pada genset. Itupun akan ditanggung oleh penyewa. 

Adapun kewajiban bagi pihak penyewa terkait dengan adanya operator ini adalah memberikan tempat menginap bagi operator. Apalagi jika kita menggunakan jasa penyewa genset dari luar kota. Maka operator akan menginap selama berhari-hari. Pastikan kita sudah memiliki tempat untuk penginapan mereka. 

Untuk ketentuan operasional genset, penyewa hanya bisa menggunakan genset selama 12 jam per hari saja. Tidak bisa lebih, karena sudah menjadi aturan. Tujuannya adalah untuk menjaga agar genset tidak cepat panas atau cepat rusak. Perawatan menjadi tanggung jawab penyewa juga, maka dari itulah aturan untuk menyalakan genset maksimal 12 jam per hari sangatlah diperlukan. 

Ada denda jika penggunaan genset lebih dari 12 jam per hari. Dendanya adalah: 
  • Jika penggunaan melewati beberapa jam setelah ukuran waktu yang ditentukan, maka penyewa akan dikenakan denda 10% dari tarif yang ditentukan. Bisa dihitung sendiri berapa jumlah totalnya. 
  • Jika penggunaannya mencapai 24 jam, maka per jamnya tetap didenda 10% lalu dikalikan dengan 1,5.
Fasilitas genset yang akan disertakan pada genset yang dibawa adalah berupa kabel dengan panjang 50 meter dan 20 meter. Tergantung pada daya genset yang disewa. 
  • Untuk kabel 20 meter adalah untuk genset yang berukuran 500 kVa sampai dengan 1.250 kVa. 
  • Untuk kabel 50 meter adalah untuk genset yang berukuran 15 sampai dengan 400 kVa.
Pembayaran uang sewa genset bisa dibayar di muka atau membayar DP-nya. Sesuai dengan surat perjanjian yang dibuat. 

Ada perjanjian secara tertulis antara penyewa dan jasa persewaan. Surat ini sebagian surat kontrak persewaan genset yang harus dipahami dan ditaati oleh kedua belah pihak. 

Genset yang disewa harus diisi bahan bakar sendiri oleh si penyewa. Jadi, kondisi genset adalah tanpa bahan bakar.

Aturan untuk menyewa genset ini wajib dipahami dan dipatuhi oleh para penyewa genset. Tujuannya adalah untuk saling menjaga kepercayaan antara pihak penyewa dan pihak jasa persewaan. Untuk tarif sewa setiap jasa persewaan genset memang berbeda-beda, namun untuk ketentuan secara keseluruhan adalah sama.

Yang diinginkan oleh penyewa adalah mendapatkan genset dengan kualitas terbaik dan memuaskan. Sedangkan yang diinginkan oleh pihak jasa sewa genset adalah membantu orang-orang yang memerlukan tambahan daya listrik. Selain itu juga mendapatkan konsumen yang tanggung jawab. Untuk mewujudkannya, diberlakukanlah aturan dalam sewa genset.

Untuk mengetahui informasi tentang sewa menyewa genset kita bisa membaca dari situs terkait jasa penyewa genset. Kita bisa membaca aturannya, sehingga kita sudah mengerti pelayanan dan fasilitas apa yang akan kita dapatkan. Bisa langsung sewa genset secara online, jika kita membutuhkan genset mendadak. Tidak perlu pergi keluar rumah. Cukup praktis dan sangat membantu melancarkan aktivitas kita.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »