3 Hal Penting yang Harus Diketahui Mengenai Biaya Tambahan Saat Transaksi dengan Kartu Kredit BCA

Juni 11, 2018

Suka Baca - Bagi pengguna kartu kredit, pungutan atau tambahan biaya pada saat transaksi sudah bukan hal yang aneh lagi. Entah itu besarnya hanya 2 persen hingga mencapai 3 persen. Pungutan ini biasanya dibebankan pada konsumen oleh merchant dengan berbagai alasan. Menariknya, pungutan ini sebenarnya tak harus ada. Setidaknya inilah yang diungkapkan oleh pihak BCA.

PT Bank Central Asia Tbk mengungkap bahwa sudah ada perjanjian dengan semua merchant yang bekerja sama dengan mereka untuk tak menambahkan biaya tambahan ini. Hal ini berlak untuk semua nasabah dan pemegang kartu kredit BCA. Sehingga semua pemilik kartu kredit BCA bisa melakukan transaksi di semua merchant yang bekerja sama dengan BCA tanpa adanya pungutan.

Untuk mengetahui lebih jauh, di bawah ini merupakan 3 hal penting tentang tak adanya charge atau pungutan biaya tambahan untuk pengguna kartu kredit BCA.

1. Ditindak tegas
Pungutan ataupun charge tambahan pada saat melakukan transaksi dengan kartu kredit memang sudah bukan hal yang aneh. Sehingga nasabah pun biasanya tak memperhatikan ketika di-charge tambahan. Padahal hal tersebut sangat dilarang dan bisa mendapatkan tindakan tegas.

Diungkapkan oleh Direktur BCA, Santoso semua biaya tambahan tersebut tidak diperkenankan. Baik itu transaksi kartu kredit BCA digesek pada mesin Electronic Data Capture (EDC) milik bank lain. Santoso juga mengungkap bila nasabah tetap di-charge, maka sebaiknya membuat laporan. Sehingga pihak BCA bisa menindak tegas merchant yang dinilai melanggar perjanjian tersebut.

2. Sudah tak ada sejak tahun 2011
Anda mungkin akan terkejut kalau tau bahwa charge atau pungutan biaya ini sebenarnya sudah ditiadakan sejak tahun 2011. Seperti dijelaskan oleh pihak BCA, bahwa dulunya charge ini memang ada. Namun sejak tahun 2011 sudah dihapuskan sesuai dengan surat putusan Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/11/PBI/2009 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu.

Satu hal yang disayangkan memang kurangnya sosialisasi mengenai hal ini. Sehingga tanpa disadari merchant yang nakal masih membebankan biaya tambahan 2 hingga 3 persen untuk transaksi dengan kartu kredit. Padahal hal ini sudah cukup lama tak ada lagi.

3. Tak ada minimal transaksi
Santoso juga mengungkap bahwa BCA mendukung cashless society. Dimana penggunaan uang cash semakin dikurangi. Untuk itu semua transaksi dengan kartu kredit maupun debit seharusnya tak memiliki lagi nilai minimal. Ini berarti nasabah bisa menggunakan kartu mereka dengan nominal berapapun. Tak ada batasan seperti yang diketahui saat ini.

Hal tersebut tentu saja menarik mengingat masih banyaknya nasabah yang tidak mengetahui adanya aturan di atas. Setelah ini, tak ada lagi keraguan mengenai tak adanya charge atau biaya pungutan untuk transaksi dengan kartu kredit ini bukan?

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »