Biaya Operasi TKR : Gejala-Gejala Osteoarthritis yang Harus Anda Ketahui

November 16, 2018

Suka Baca - Biaya operasi TKR tidak bisa dikatakan murah dan operasi ini juga tergolong jenis operasi yang rumit. Namun, meskipun begitu operasi TKR telah banyak dilakukan oleh masyarakat Indoensia. Operasi ini dinilai sebagai tindakan terbaik untuk mengatasi masalah sendi lutut yang sering dialami oleh orang tua maupun mereka yang banyak beraktivitas menggunakan kedua lututnya seperti atlet misalnya.

TKR merupakan Total Knee Replacement. Tindakan ini merupakan tindakan penggantian bantalan tulang rawan pada sendi lutut. Tulang rawan pada sendi lutut yang sudah tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya diganti dengan menggunakan bantalan buatan dari bahan besi. 

TKR menjadi solusi terbaik bagi mereka yang menderita gangguan pada sendi lutut. Kita tahu bahwa bagian sendi lutut seringkali mengalami gangguan akibat aktivitas yang terlalu padat atau mungkin latihan yang terlalu berat. Jika sendi lutut mengalami kerusakan berat dan tidak bisa lagi disembuhkan maupun dibantu dengan alat apapun, maka perlu dilakukan tindakan TKR.

Gejala Osteoarthritis
Osteoarthritis merupakan kondisi peradangan pada sendi-sendi yang ditandai dengan berbagai gejala. Osteoarthritis bisa menyerang bagian sendi manapun di dalam tubuh kita. Salah satu sendi yang paling sering terserang osteoarthritis adalah sendi lutut. Jika kondisi ini menyerang anda dan berkembang semakin parah, maka anda harus menjalani Total Knee Replacement.

Biaya operasi TKR tidaklah murah jadi jika anda membutuhkan operasi ini, anda harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Agar bisa mempersiapkan diri, maka anda harus tahu gejala-gejala yang muncul akibat osteoarthritis. Berikut adalah 4 gejala osteoarthritis yang perlu anda ketahui:

1. Nyeri Lutut
Osteoarthritis bisa ditandai dengan nyeri yang menyerang lutut. Tiba-tiba saja anda merasakan nyeri menyerang kedua lutut anda tanpa ada sebab yang jelas. Padahal lutut tidak mengalami trauma apapun namun tiba-tiba saja menjadi nyeri.

2. Kaku di Pagi hari
Osteoarthritis juga bisa ditandai dengan rasa kaku pada sendi lutut di pagi hari ketika anda bangun tidur. Namun, kekakuan ini akan hilang secara perlahan-lahan. Kekakuan sendi lutut akan hilang jika anda melakukan aktivitas seperti biasa.

3. Bengkak pada Lutut
Osteoarthritis bisa ditandai dengan bengkak pada lutut. Lutut anda tiba-tiba bengkak dan terasa panas ketika anda pegang. Ini bisa menjadi gejala dari osteoarthritis jadi anda harus segera memeriksakannya ke dokter terdekat.

4. Telihat Penipisan Tulang Rawan
Cara yang akurat untuk melihat kondisi osteoarthritis adalah dengan melakukan foto ronsen. Jika pada foto ronsen terlihat adanya penipisan tulang rawan maka pasien dinyatakan menderita osteoarthritis.

Itulah tadi 4 gejala osteoarthritis yang perlu anda ketahui. Jika anda mengetahui gejala-gejala ini maka anda bisa segera mengambil tindakan yang tepat. Jika anda merasakan satu atau beberapa gejala, anda bisa langsung memeriksakan diri. Jika kondisi sendi lutut sudah tidak bisa diobati lagi anda bisa melakukan Total Knee Replacement, namun pastikan berkonsultasi biaya operasi TKR terlebih dahulu.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »