Fungsi dan Tujuan Desain Logo Untuk Sebuah Perusahaan

Februari 07, 2019

Desain logo merupakan salah satu desain lambang atau tanda pengenal untuk melakukan pengidentifikasian secara tidak langsung. Dengan adanya logo, ini akan menggambarkan kualitas entitasnya. Namun wujud dari logo sendiri sering tidak menggambarkan secara langsung seperti apa entitas dari sebuah produk.

Di dalam sebuah bisnis perusahaan, desain logo menjadi lambang dari perusahaan atau produk. Selain itu, logo juga merupakan simbol yang akan memberikan penjelasan mengenai citra perusahaan dan produk. Atau istilah yang lebih dikenal adalah branding atau corporate identity. Dengan mempunyai logo, sebuah perusahaan bisa menempatkan dirinya secara berbeda di dalam masyarakat dan juga konsumen.

Fungsi Desain Logo Untuk Perusahaan
Desain sebuah logo mempunyai fungsi yang penting untuk keberlangsungan sebuah perusahaan atau brand. Selain itu juga menjadi salah satu faktor untuk bisa meraih sukses. Sebab logo menjadi sebuah strategi marketing yang penting di dalam menyampaikan pesan pada khalayak masyarakat. Dengan demikian, logo dapat menjadi ikonik dan familiar pada pikiran audiensnya.

Fungsi dari logo adalah sebagai alat untuk pengidentifikasian yang bisa mewakili nilai-nilai yang sudah dibentuk oleh entitas. Anda bisa melihat fungsi logo dari banyak brand saat ini. Mereka memasang iklan yang berupa logo perusahaan masing-masing. Meskipun banyak perusahaan yang mempunyai logo, namun semuanya mempunyai ciri khas sendiri dan berbeda satu sama lain.

Kesimpulannya, dalam membuat desain logo tidak boleh asal-asalan. Anda tentu saja harus harus memperhatikan media placement yang nantinya menjadi efisiensi dari keperluan marketing. Walaupun logo punya fungsi penting bagi kelangsungan perusahaan, namun desain nya sebaiknya tidak terlalu berlebihan. Kesan sederhana harus tetap lebih menonjol. Sebab kesan sederhana dalam sebuah logo bisa memberi kesan profesional pada pemilik logo.

Tujuan Pembuatan Desain Logo
Setelah mengetahui seperti apa fungsi logo untuk sebuah perusahaan. Maka kita dapat menarik garis besar tentang tujuan dari logo. Diantaranya adalah:

1. Menarik Perhatian
Desain logo dihadirkan sebagai salah satu strategi marketing, sehingga harus bisa menarik perhatian konsumen. Dengan demikian, akan menimbulkan rasa ingin tahu tentang perusahaan. Logo bukan hanya gambar yang dilihat dan di lupakan, namun logo harus bisa diingat para konsumennya. Anda harus ingat logo yang baik memiliki sifat timeless alias tidak lekang oleh waktu.

2. Sebagai Strategi Marketing
Seperti yang tadi sudah dibicarakan, tujuan utama dari logo adalah sebagai proses branding dan strategi marketing. Sehingga tujuan utama dari logo menjadi bentuk penggambaran atau identitas perusahaan. Dengan demikian, logo bisa menjadi citra dari perusahaan tersebut.

3. Sebagai Trend
Seperti yang kita tahu, saat ini persaingan semakin ketat di dalam dunia industri. Semua perusahaan sudah melakukan penjualan dengan kualitas terbaik. Mulai dari pelayanan yang diberikan, produk, hingga harga yang diberikan  juga sama-sama baik. Selanjutnya yang akan menentukan dari perusahaan itu adalah logo atau yang sering disebut dengan istilah brand.

Oleh sebab itu, sebuah desain logo harus dibuat dengan cara yang sederhana. Namun mempunyai sebuah karakteristik khusus bila dibandingkan dengan logo perusahaan pesaingnya. Sehingga ketika membuat desain dari sebuah logo, sebaiknya anda menggunakan tenaga ahli agency atau konsultan yang sudah profesional dan berpengalaman. 

Dengan demikian, anda bisa mendapatkan fungsi dan manfaat dari logo secara maksimal. Sehingga dengan logo yang sederhana tapi menarik, maka secara tidak langsung brand perusahaan juga akan semakin baik.

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »